Sabtu, 31 Oktober 2015

Trias Reformasi

Aku hendak sujud ke arah Rumah-Mu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu; sebab Kau besarkan nama-Mu dan firmanMu melebihi segala sesuatu. -- Mazmur 138:2
Di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. -- Matius 16:18


Lima abad yang lalu, 31 Oktober 1517, oleh gumulan rohani yang lama dan dalam, karena pencerahan Roh yang menghidupkan firman (khususnya Mazmur 32 dan Roma 1:17), Martin Luther memakukan 95 dalil protes di pintu Gereja Istana Wittenburg. Ini salah satu yang lalu menjadi Gerakan Reformasi yang melibatkan tokoh Protestantisme seperti Zwingli, Buber, Calvin dkk. Yang selalu diingat dari Reformasi adalah slogan Sola Skriptura, Solus Kristus, Sola Gratia, Soli Deo Gloria; namun tanpa adanya TRIAS: Roh Kudus menghidupkan Firman, Orang yang bertindak dalam kebenaran Firman, dan Media literatur yang karena penemuan teknologi mesin cetak dan semangat Ad Fontes (kembali ke sumber -- slogan Renaissance yang menyebabkan studi naskah asli Alkitab pun terimbas) memungkinkan ekspansi kebenaran, sebenarnya tindakan Luther tidak akan pernah menjadi api gerakan reformasi.


O Dasar dan Kepala Gereja, syukur bahwa Roh-Mu bekerja memelihara agar kebenaran-Mu dan api Roh-Mu boleh menang dan terus berkiprah di tengah dunia yang makin tak menentu ini. Tolong kami sungguh membangun di atas dasar firman dan diberdaya oleh Roh-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar