Selasa, 03 Mei 2011

Allah yang Esa


TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu Esa!
Ulangan 6:4

Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah
Yesaya 45:5

Tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa."
1 Korintus 8:4

Situasi zaman Alkitab mirip dengan situasi di Timur kini, yaitu antara iman akan satu Allah (monoteisme) dan percaya kepada banyak allah (politeisme). Alkitab berapi-api melawan politeisme, sebab orang yang percaya akan banyak allah tidak dapat menganggap satu pun dari mereka sebagai yang memiliki kuasa mutlak atau klaim menyeluruh atas hidupnya, atau berani melayani salah satu secara eksklusif sehingga mengabaikan yang lain. Tetapi seluruh Alkitab menegaskan bahwa hanya ada satu Allah, Pencipta dan Tuhan atas semua.

            Jadi seperti apakah Allah yang esa ini? Pengakuan Iman Westminster, menjawab pertanyaan keempat, “Apakah Allah?” dengan jawaban berikut: “Allah adalah Roh, tak terbatas, kekal, dan tidak berubah dalam keberadaan, hikmat, kuasa, kekudusan, keadilan, kebaikan, dan kebenaran.” Tidak ada penjelasan pernah diberikan tentang Allah dalam kalimat sesingkat, sejelas, sebaik itu. Ada dua hal penting di dalamnya:

            Pertama, keberadaan Allah kekal adanya. Ia adalah Allah “dari selama-lamanya sampai selama-lamanya” (Mzm. 90:2), mahakuasa, mahatahu, menopang diri-Nya sendiri, dan tidak membutuhkan apa pun (Kis. 17:25). “Engkau tetap sama, dan tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan” (Mzm. 102:27).

            Kedua, Sifat Allah tidak berubah. Demikian Ia menyatakan diri-Nya kepada Musa. "TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya, yang meneguhkan kasih setia-Nya kepada beribu-ribu orang, yang mengampuni kesalahan, pelanggaran dan dosa; tetapi tidaklah sekali-kali membebaskan orang yang bersalah dari hukuman” (Kel. 34:6-7). Inilah sifat Allah sampai kini sebab “Dia tidak dapat menyangkali diri-Nya” (2Tim. 2:13).

Apakah Allah untuk Anda? Nama apakah yang dapat Anda sebutkan tentang Dia, dan sifat apakah yang ada pada-Nya dari pengalaman Anda?

Ubah jawab Anda menjadi ucapan syukur dan penyembahan.

Dikutip dari Buku Bapa Surgawi Mengasihimu. Info tentang buku ini silakan email ke: waskitapublishing@gmail.com atau sms / call ke: 0812-270-24-870

Tidak ada komentar:

Posting Komentar