Senin, 23 Mei 2011

Jalan dengan Yesus

Disciples on their way to Emmaus

Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran, datanglah Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan mereka.
Lukas 24:15

Bacalah kisah kedua murid yang berjalan menuju Emaus (Lukas 24:13-25) dan lihat Yesus sang penyembuh agung dan penasihat sedang bekerja. Inilah dua orang yang sedang sangat tertekan, tidak sanggup lagi berpikir jernih.

            Pertama sekali Yesus bertanya: Ia membuat mereka bicara, menciptakan suatu relasi, dan dengan demikian membuat mereka siap menerima apa yang ingin Ia katakan. Langkah pembuka-Nya meneruskan kekasaran Kleopas (orang yang terluka sering bereaksi demikian) tetapi Ia tetap gigih dan mereka menceritakan masalah mereka. Dengan jalan ini penyembuhan dapat mulai.

            Kedua, ia menjelaskan Alkitab, dengan memperlihatkan kepada mereka bahwa apa yang membingungkan mereka – kematian seorang yang mereka harap akan membebaskan mereka dengan mengakhiri penjajahan Romawi – sebenarnya telah dinubuatkan berabad-abad sebelumnya sebagai jalan Allah membebaskan, dalam arti mengakhiri beban dan belenggu dosa.

            Akhirnya, Ia menyatakan hadirat-Nya. “Tinggallah bersama kami” ujar mereka kepada-Nya setiba mereka di Emaus. Ia memenuhi permintaan itu dalam artian terdalam, bahkan sesudah mereka tidak lagi melihat Dia. Alangkah dahsyat berkat itu bahwa mereka dikaruniai untuk boleh didiami-Nya! Alangkah besar kerugian mereka andai mereka tidak meminta itu dari-Nya!

            Hari ini Yesus masih sang penyembuh dan penasihat agung. Kita akan menerima penyembuhan-Nya ketika kita menceritakan kesusahan kita, mengizinkan Dia melayani kita dari Alkitab, dan meminta Dia untuk menguatkan kita sementara kita menjalani keadaan yang bagaikan api dan air bah. Ia berjalan bersama kita dan akan diam bersama kita sampai di ujung jalan.

Anda percaya Ibrani 4:15?  Maka praktikkanlah Ibrani 4:16!

Tuhan, dengan keyakinan aku datang kepada-Mu untuk beroleh kemurahan dan anugerah dalam situasi ini…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar