Selasa, 22 Mei 2012

Bangkit bersama Kristus

Telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita. - Efesus 2:5

Paulus bicara jelas sekali dalam Efesus 2:1-10 dan dalam bagian lain bahwa kelahiran baru adalah tindakan Allah yang menghidupkan orang yang mati rohani dalam Kristus.
        Ketika ia menyebut bahwa manusia mati secara rohani, ia memaksudkan bahwa mereka tidak merespons Allah (seperti mayat tidak dapat menjawab panggilan Anda); manusia terpisah dari persekutuan dengan Allah dan ada di bawah murka Allah. Orang seperti itu mengikuti kehidupan yang didikte oleh dunia, iblis, dan daging – yaitu suatu kehidupan tidak taat kepada Allah.
        Mengenai tindakan Allah membangkitkan orang yang mati rohani, Paulus menyatakan: Hal itu memancar dari kasih, kemurahan, anugerah, dan kebaikan yang sedemikian sempurna sehingga sepenuhnya berada di luar jangkauan pemikiran kita.
        Hal itu terjadi dalam Kristus. Yesus Kristus adalah pengantara dari semua pemberian Allah untuk kita, termasuk hidup baru.
        Hal yang sama juga menangkap kita ke dalam tindakan Allah yang membangkitkan Kristus dari antara orang mati. Gereja adalah perpanjangan kebangkitan. Mereka yang dibangkitkan dengan Kristus duduk dalam realitas surga: mereka menikmati kehidupan tersembunyi yang membuat mereka selalu ada “di atas” sebab Ia yang memerintah dunia membuat segala sesuatu bekerja bersama untuk kebaikan mereka.
        Perjalanan hidup ketaatan yang direncanakan Allah adalah sasaran hidup kita.

Bagaimanakah aplikasi Efesus 2:1-10 untuk orang yang telah lama menjadi Kristen – mungkin Anda?
Bapa, aku tidak merasa ada di “atas” hari ini. Berikanku perspektif lebih tepat tentang situasiku berikut ini…

Dikutip dari Bapa Surgawi Mengasihimu oleh Dr James I Packer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar