Jumat, 11 Mei 2012

Realitas Rohani

…Di dalam diri kamu… ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain... sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu--dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta--dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia. - 1 Yohanes 2:27

Kunci untuk mengalami kehidupan dari Roh kita temukan di dalam karya Roh membuat Yesus Kristus, Tuhan yang telah tersalib, bangkit, dan kini Juruselamat yang memerintah itu, menjadi riil dan mulia dalam saat demi saat kehidupan kita (Yoh. 16:14). Yohanes kini merujuk kepada pelayanan Roh itu ketika ia berkata bahwa “pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu” (maksudnya, segala sesuatu tentang Yesus dan kemuliaan-Nya), dan memimpin kita untuk “tetap tinggal di dalam Dia” (yaitu bukan hanya mengakui Dia, tetapi menghidupi relasi kemuridan dengan Dia sebagai Tuhan yang hidup).
          Ketika menyebut Roh sebagai “saksi” (1Yoh. 5:7-8), Yohanes memaksudkan tentang pelayanan Roh membuat kita yakin bahwa para rasul Kristus benar adanya. Saya yakin bahwa adanya kepastian pemikiran yang mencengangkan, perilaku yang mantap, dan pengalaman pencerahan hati yang nyata yang dialami oleh Agustinus, Bernard, Luther, Calvin, Owen, Whitefield, Spurgeon, dan banyak lagi lainnya yang merayakan dan memberitakan Tuhan Yesus, adalah buah langsung dari pelayanan Roh. Saya yakin semua orang yang mengalami pelayanan Roh ini akan berbicara tentang Kristus seperti mereka juga. Saya yakin bahwa lepas dari kepastian yang Allah berikan tentang Kristus Perjanjian Baru dan kebiasaan yang diajarkan Allah untuk berdiam dalam Dia oleh iman, kasih, ketaatan, dan pemujaan ini, tidak ada kehidupan Kristen yang otentik atau pengudusan yang murni – sebab memang, di mana hal-hal ini kurang, tidak ada realitas kelahiran baru.

Pelajari lebih lanjut arti masing-masing ayat yang dibicarakan tadi, baik dengan menggunakan tafsiran maupun diskusi dengan teman-teman.
Tuhan, kiranya urapan Roh diam dalamku dan mengajarku, sambil aku diam di dalam Engkau.

Dari Buku Bapa Surgawi Mengasihimu - karangan Dr James I Packer (Waskita Publishing - 0812-270-24-870 / waskitapublishing@gmail.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar