Rabu, 16 Agustus 2017

Makin Mengenal TUHAN

Sesudah itu berfirmanlah TUHAN: "Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya. Baiklah Aku turun untuk melihat, apakah benar-benar mereka telah berkelakuan seperti keluh kesah orang yang telah sampai kepada-Ku atau tidak; Aku hendak mengetahuinya." Lalu berpalinglah orang-orang itu dari situ dan berjalan ke Sodom, tetapi Abraham masih tetap berdiri di hadapan TUHAN. -- Kejadian 18:20-22 


Sesungguhnya ada banyak sifat TUHAN yang kembali Abraham pelajari dan kenali dalam peristiwa ini. Melalui berbagai peristiwa sebelum ini sifat apa saja dari Tuhan yang telah Abraham kenali? Perhatikan juga bagaimana dampak pengenalan itu pada sifat dan tindakan Abraham sendiri? Coba Anda telusuri sejenak berbagai peristiwa di nas-nas berikut: 
1. Pasal 12 -- dari panggilan dan paparan rencana Allah kepada Abraham; dari peristiwa pengungsiannya ke Mesir. 
2. Pasal 13 -- dari perselisihan lahan peternakan antara gembala Lot dan gembala Abraham.
3. Pasal 14 -- dari kemenangan Abraham membebaskan Lot dari raja-raja sekutu yang mengalahkan raja-raja sekutu sodom-Gomora; dari pejumpaannya dengan Melkisedek.
4. Pasal 15 -- dari penyataan "Nama" Tuhan ketika Abraham khawatir tentang keadaannya; dari upacara yang Tuhan minta Abraham adakan bagi-Nya.
5. Pasal;16 -- dari peristiwa keputusan Sarah menganjurkan Abraham mendapat anak melalui Hagar; dari penyataan "Nama" Allah sebagai El-Shamma dan El-Roi (Allah yang mendengar; Allah yang melihat) tentang sikap-Nya terhadap penderitaan karena penindasan antar sesama manusia.
6. Pasal 17 -- dari pengulangan janji-Nya kepada Abraham dan penyataan "Nama" Dia sebagai ElShaddai dan pengubahan nama Abram menjadi Abraham dan Sarai menjadi Sarah; dari pemberian syarat sunat sebagai tanda untuk umat yang menerima perjanjian Allah.
7. Pasal 18 ini -- dari perhatian khusus Tuhan datang untuk meneguhkan hati Sarah (rekan perjanjian Abraham -- pihak perempuan); dari kalimat ini tentang Sodom dan Gomora: "Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya. Baiklah Aku turun untuk melihat, apakah benar-benar mereka telah berkelakuan seperti keluh kesah orang yang telah sampai kepada-Ku atau tidak; Aku hendak mengetahuinya."

Sekian lama kita menjadi orang percaya -- sifat-sifat Tuhan apa saja yang kita kenali dan yang sangat memengaruhi sifat, sikap dan tindakan keagamaan dan keseharian kita? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar