Minggu, 24 Juli 2011

Komunikasi Allah yang Khusus

Tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.
Matius 11:27

Allah menambahkan komunikasi-Nya yang khusus dalam anugerah kepada komunikasi-Nya yang umum; di dalamnya terdapat tiga tahap.

            Tahap pertama adalah penebusan dalam sejarah. Melalui kata dan karya Allah membuat diri-Nya dikenal di panggung sejarah dalam tindakan penyelamatan. Firman-Nya adalah dasar, sebab melaluinya Ia memberitahu umat apa yang akan lakukan. Lalu Ia bertindak, menggenapi firman-Nya. Itulah yang Ia buat pada Keluaran ketika Ia menyelamatkan Israel keluar dari tawanan di Mesir. Itu yang Ia buat ketika dalam kepenuhan waktu ia mengutus Anak-Nya lahir dari seorang perempuan untuk menebus mereka yang di bawah Hukum. Ia mengutus Kristus untuk orang berdosa seperti kita supaya kita boleh menerima pengangkatan anak dan menjadi anak-anak dalam keluarga-Nya.

            Tahap kedua ialah penyataan dalam tulisan, yang merupakan karya Allah menginspirasikan Alkitab. Allah menyebabkan apa yang telah ia katakan dan lakukan dituliskan dalam bentuk catatan bersifat tafsiran, agar semua angkatan dapat mengenal Dia, dan melalui pengetahuan ini boleh menikmati penyataan penebusan yang Ia buat. Catatan tertulis ini ialah Alkitab, dari mana kita memperoleh semua pengetahuan kita tentang Allah sebagai penebus.

            Tahap ketiga ialah proses komunikatif penerimaan oleh perseorangan akan realitas penebusan yang dideklarasi dalam Alkitab. Penerimaan ini menjadi realitas melalui karya Roh Kudus yang membuka hati kita untuk mempersilakan Firman masuk dan memperbarui hati kita agar kita boleh berpaling ke wajah Allah. Maka komunikasi menjadi lengkap, dan kita kenal Allah dalam relasi pribadi melalui Kristus.

Renungkan implikasi Matius 11:27; 16:17; 2 Korintus 4:6; Galatia 1:15-16 untuk Anda secara pribadi.

Puji Allah untuk keajaiban komunikasi pribadi Allah untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar