Sabtu, 02 Desember 2017

Jumpa TUHAN dalam Alkitab

Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya;..  Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman. Titah TUHAN itu tepat, menyukakan hati; perintah TUHAN itu murni, membuat mata bercahaya. Takut akan TUHAN itu suci, tetap ada untuk selamanya; hukum-hukum TUHAN itu benar, adil semuanya, lebih indah dari pada emas, bahkan dari pada banyak emas tua; dan lebih manis dari pada madu, bahkan dari pada madu tetesan dari sarang lebah. Lagipula hamba-Mu diperingatkan oleh semuanya itu, dan orang yang berpegang padanya mendapat upah yang besar. Siapakah yang dapat mengetahui kesesatan? Bebaskanlah aku dari apa yang tidak kusadari. Lindungilah hamba-Mu, juga terhadap orang yang kurang ajar; janganlah mereka menguasai aku! Maka aku menjadi tak bercela dan bebas dari pelanggaran besar. Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya TUHAN, gunung batuku dan penebusku. -- Mazmur 19:2,8-15


Apabila di dalam alam kita menyaksikan gema kemuliaan Allah, di dalam Alkitab kita berjumpa Ia sebagai TUHAN Perjanjian. Dalam stanza pertama tentang alam Ia disebut satu kali sebagai Allah, yaitu sebagai Pencipta, dalam stanza kedua Nama Perjanjian-Nya yaitu TUHAN enam kali digandengkan dengan berbagai penyebutan untuk Alkitab (Taurat, Peraturan, Titah, Perintah, Takut akan, dan Hukum-hukum) lalu di bagian akhir satu kali lagi disebut dalam konteks pengenalan akan TUHAN sebagai gunung batu dan penebus. 


Masing-masing firman TUHAN ini dijelaskan sifat dan dampaknya yang indah bagi kehidupan. Taurat (ajaran) bersifat sempuna menyegarkan jiwa, Peraturan (kesaksian) bersifat teguh memberi hikmat bagi orang tidak berpengalaman, Titah bersifat tepat menyukakan hati, Perintah bersifat murni membuat mata bercahaya, Takut akan TUHAN suci abadi selamanya, dan Hukum TUHAN benar, adil. Itu sebabnya fiman-firman TUHAN ini harus dihargai lebih dari harta dan sukses dunia, dan dialami indahnya dan berbagai dampaknya yang memperbarui hidup lebih dari madu tetesan dari sarang lebah  Melalui bergaul dengan Alkitab kita yang menyimpan dan melakukannya akan mendapatkan upah yang besar, dibebaskan dari kesesatan, dilindungi dari yang jahat dan disanggupkan untuk berpikir dan berdoa tentang hidup serasi hati TUHAN. Pada dasarnya bergaul dengan Alkitab adalah mengenal TUHAN sebagai penopang kuat dan penyelamat terpercaya.


Sayangnya, lagi-lagi kebanyakan kita masa kini lebih menyukai kata-kata manusia ketimbang kata-kata TUHAN. Kita lebih sering membuka-baca suratkabar-twit-fb-wa-line dlsb. ketimbang bersuka dalam kesejatian-kelimpahan-keindahan-kuasa firman-firman TUHAN. Kita lebih suka berbagai kata penyemangat para motivator yang kebanyakannya hanya mengandalkan sumber daya diri manusia sendiri demi untuk mengejar keberhasilan hidup fana ketimbang sungguh mengakarkan dan menumbuhkan hidup atas pengenalan akan TUHAN sebagai gunung batu dan penebus kita. Kita bahkan lebih suka berbagi hoax ketimbang berbagi kehidupan yang sungguh hidup dalam bingkai perkataan-perkataan TUHAN.



Ya TUHAN kiranya Roh-Mu menyadarkan kami kefanaan-kesemuan-keterbatasan-kesesatan yang kerap merasuki kehidupan kami karena lebih menyukai kata-kata manusia ketimbang kata-kata-Mu dalam Alkitab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar