Senin, 21 Maret 2011

Dalam Kelemahan Kita, Kekuatan-Nya

Jika aku lemah, maka aku kuat.
                                               2 Korintus 12:10

Anugerah ialah tarikan Allah yang membuat orang berdosa mendekat kepada-Nya. Bagaimana Allah melaksanakan maksud ini dalam anugerah-Nya? Tidak dengan memerisai kita dari serangan dunia, daging, dan iblis, tidak juga dengan melindungi kita dari berbagai keadaan yang memberatkan dan membuat frustrasi, tidak juga dengan memerisai kita dari berbagai kesulitan karena temperamen dan psikologi kita sendiri, tetapi lebih dengan memapar kita kepada semua hal tadi supaya kita terperanjat oleh kesan ketidaklayakan kita, dan membuat kita berpegangan lebih erat kepada-Nya.
            Dari titik tolak kita, itulah alasan terdalam mengapa Allah memenuhi kehidupan kita dengan kesusahan, kebingungan susul menyusul – yaitu untuk memastikan bahwa kita belajar berpegang erat kepada-Nya. Alasan Alkitab memberi begitu banyak waktu untuk mengulang pernyataan bahwa Allah adalah batu karang yang kokoh, pertahanan yang kuat, dan tempat perlindungan serta pertolongan untuk yang lemah ialah bahwa Allah memakai begitu banyak waktu untuk memperlihatkan bahwa kita lemah adanya, baik mental maupun moral, dan tidak boleh memercayai diri untuk menemukan atau mengikuti jalan yang benar. Ketika kita mengikuti suatu jalan dengan merasa nyaman, dan seseorang mengulurkan tangan untuk menolong kita, kebanyakannya kita akan menolak uluran tangan itu. Tetapi ketika kita kedapatan berada dalam tempat gelap, dengan badai meniup kuat sementara kekuatan kita telah menurun, uluran tangan pertolongan pasti akan kita sambut dengan gembira. Allah ingin kita merasa bahwa perjalanan hidup kita berat dan membingungkan, supaya kita belajar mengandalkan Dia dengan penuh syukur. Itu sebabnya Ia mengambil langkah yang membawa kita keluar dari keyakinan diri agar memercayai Dia saja; untuk belajar – “menantikan Tuhan.”

Apakah kekuatan dan kelemahan Anda? Adakah bahaya bahwa kekuatan Anda membuat Anda ada dalam posisi yang tidak Allah inginkan?
Tuhan, inilah kekuatan dan kelemahanku… dan inilah situasi yang aku hadapi. Kiranya semua melayaniku untuk menarikku dekat kepada-Mu.

Dikutip dari Bapa Surgawi Mengasihimu karangan Dr. James I. Packer. Info: waskitapublishing@gmail.com, atau sms / call 0812-270-24-870.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar