Rabu, 02 Maret 2011

Hidup Berbagi

Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.
Kisah rasul 2:42

Apa arti persekutuan? Gosip? Secangkir teh? Jalan-jalan? Bukan! Paparan dalam ayat ini menunjuk kepada sesuatu yang tatanan dan tingkatannya sama sekali berbeda. “Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda. Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.  Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan” (Kis. 2:42-47). Itulah persekutuan menurut pengertian Perjanjian Baru, yang jelas berbeda dari sekadar kegiatan sosial.
            Arti persekutuan dalam akar kata Yunaninya adalah bersama atau berbagi. Jadi persekutuan adalah partisipasi bersama dalam sesuatu atau dengan membagi apa yang Anda miliki kepada orang lain atau menerima apa yang orang lain berikan kepada Anda. Memberi dan menerima adalah hakikat persekutuan, dan memberi serta menerima harus menjadi cara bersekutu dalam kehidupan bersama tubuh Kristus.
            Persekutuan Kristen mencakup dua dimensi, lebih dulu vertikal sebelum dapat horisontal. Anda harus kenal dulu realitas persekutuan dengan Bapa dan Anak-Nya Yesus Kristus sebelum dapat mengenal realitas persekutuan dengan sesama orang percaya dalam relasi bersama dengan Allah (1Yoh. 1:3). Orang yang tidak dalam persekutuan dengan Bapa dan Anak sama sekali bukan Kristen, dan tidak dapat berbagi realitas persekutuan dengan Kristen lain.

Persekutuan mirip dengan sirkulasi darah dalam tubuh manusia. Seberapa sehatkah tubuh Kristus di mana Anda berada?
Pikirkan di hadapan Allah seperti apa “memberi dan menerima” dalam persekutuan Anda, dan bagaimana Anda sendiri memberi serta menerima?

Dikutip dari Bapa Surgawi Mengasihimu oleh James I. Packer - buku pembimbing pendalaman Firman tiap hari untuk pemahaman & penghayatan iman Kristen sepanjang tahun. Pemesanan - Email ke: waskitapublishing@gmail.com atau sms / call ke 0812-270-24-870.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar