Kamis, 31 Maret 2011

Berjuang untuk Penyesalan

KRISTUS,
Anak-Ku, kecuali seseorang berusaha sekuat tenaganya untuk mendapatkan penyesalan kudus atas dosa-dosanya, dia tidak layak menerima penghiburan surgawi-Ku. Apakah engkau berusaha keras untuk memperoleh penyesalan ini?
          2. Anugerah ini akan lebih mudah mencapaimu, jika engkau meninggalkan untuk sementara hal-hal yang mengganggumu sehari-hari. Tinggalkan hal yang mengganggu lebih sering agar engkau memiliki kesempatan untuk berada bersama-Ku. Renungkanlah pemberian-pemberian-Ku juga bagaimana engkau telah menyalahgunakannya. Jujurlah dan hadapilah kenyataan. Membaca dan merenung akan membantumu menyadari jahatnya semua dosa, bahkan juga dosa-dosa yang kecil. Janganlah mencari teori-teori baru dan hal-hal lain untuk memuaskan keingintahuanmu, tetapi berpeganglah selalu pada kebenaran yang tak tergoyahkan, kebenaran yang akan memperbaiki keseharianmu menjadi lebih baik.
          3. Dalam kesendirian dan keheningan, engkau akan menemukan harta-harta tersembunyi dalam Alkitab. Dengan bersekutu lebih akrab dengan-Ku, Penciptamu, engkau akan membuat kemajuan-kemajuan berarti. Engkau akan menemukan air mata untuk membasuh dan membersihkan jiwamu. Engkau juga akan merasakan kebahagiaan batin ketika Aku dan para malaikat-Ku yang kudus menghampirimu. Belajarlah berdoa dan bekerja tanpa terlihat oleh mata manusia.
          4. Dengan perlahan-lahan, sewaktu karunia penyesalan memenuhi jiwamu, engkau akan dipenuhi dengan kekuatan. Ketika engkau menjadi lebih berkeinginan untuk memperbaiki dosa-dosamu, engkau akan merasakan hal-hal yang sulit menjadi lebih mudah.

RENUNGKAN, 
Yesus mengatakan bahwa setan-setan tertentu hanya dapat diusir dengan berdoa dan berpuasa. Hal ini menunjukkan bahwa beberapa karunia Allah baru diperoleh, hanya jika kita melakukan bagian kita yang membuat diri kita siap untuk karunia-karunia-Nya. Penyesalan hanya akan menetap dan berguna bila aku berusaha dengan sungguh hati untuk layak menerimanya dan mempergunakannya dengan bijak. Dengan mengasingkan diri, berdoa, membaca dan meditasi, aku akan mengerti bagaimana aku dapat menerima dan mempergunakan penyesalan di dalam kehidupanku sehari-hari.

DOA,
Ya Bapa yang Maha Kudus dan Pengampun, penuhilah jiwaku dengan penyesalan yang sungguh. Buatlah aku jujur mengakui dosa-dosaku, dan buatlah aku bertekad untuk mengatasi dosa-dosaku setiap hari. Aku membutuhkan bantuan-Mu, ya Tuhan, sehingga aku tidak pengecut, tetapi setiap hari boleh berusaha sungguh-sungguh menyenangkan hati-Mu. Bantulah aku meninggalkan segala sesuatu di dalam kehidupan ini yang bertentangan dengan karunia penyesalan yang kudus pemberian-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar