Selasa, 06 Desember 2016

Arti Berkat Tuhan

"Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!" -- Matius 3:2
TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau
TUHAN menyinari engkau dengan cahaya wajah-Nya
dan memberi engkau kasih karunia.
TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan
memberi engkau damai sejahtera. -- Bilangan 6:24-26
Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan. -- Roma 15:13

Dalam bahasa Ibrani ada 3 kata dalam kalimat pertama, 5 dalam yang kedua, dan 7 dalam yang ketiga. Ada 15 huruf dalam yang pertama, 20 dalam yang kedua, dan 25 dalam yang ketiga. Ada 12 suku kata dalam yang pertama, 14 yang kedua, dan 16 yang ketiga. Jika Anda ambil tiga kata ‘TUHAN’ darinya, Anda memiliki sisa 12 kata Ibrani. Jadinya, kita memiliki TUHAN dan 12 suku Israel! Sempurna secara matematis! (Dalam perspektif Perjanjian yang Baru itu boleh diartikan sebagai TUHAN Bapa, Putra, Roh Kudus sumber hidup, pengampunan, pembaruan, dan berbagai karunia melimpah yang memungkinkan umat-Nya memiliki kehidupan yang utuh.) Bahkan dalam terjemahannya ucapan berkat ini meningkat -- ada sejenis kresendo sepanjang baris-baris itu. Setiap baris memiliki dua kata kerja, dan yang kedua meluaskan yang pertama. Sebagaimana halnya TUHAN adalah limpah kasih (Tritunggal) dalam diri-Nya maka berkat-Nya untuk umat-Nya pun berlipatganda tak terhingga.
Allah Mahakasih, Engkau sumber sukacita dan damai kami. Kami boleh percaya dan mengalami ini karena karunia-Mu Yesus Kristus dan karunia iman melalui Roh Kudus-Mu. Haleluyah! Tolong kami untuk tidak tergoda menukar karunia-karunia-Mu yang tak ternilai ini dengan yang dunia tawarkan. Dorong kami menghargai, menjelajahi, menikmati karunia-karunia-Mu yang sedemikian melimpah dan tak ternilai. Bantulah kami mengalami kesukaan penuh dalam karunia-Mu agar sanggup memancarkan keindahannya supaya orang lain boleh ditarik kepada Engkau sumber semua yang baik, indah dan kekal ini. Amin.
TIPS: Adakan disiplin memikirkan apa saja karunia Tuhan untuk kita dan yang mana saja yang perlu kita selami dan alami lebih nyata.
Doa Syafaat: Untuk banyak lembaga pendidikan Kristen agar boleh sungguh menjadi agen Roh membentuk hidup para murid bahkan sampai mereka mengenal sang Guru Agung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar