Kamis, 01 Desember 2016

Bergumul dan Berjaga-jaga

"Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku." -- Kejadian 32:26
Bertekunlah dalam doa dan berjaga-jagalah sambil mengucap syukur. -- Kolose 4:2
Sebagaimana ada banyak aspek dan wujud dalam hubungan antar pribadi, demikian pun dalam doa sebab doa adalah hubungan timbal balik kita dan Tuhan. Ada ungkapan kasih, syukur, kekaguman, ada keberanian membuka hati dan pikiran, ada pertanyaan, kritik dan protes, ada penyegaran hubungan yang melaluinya pihak kita disegarkan ulang dan pihak Tuhan disukakan. Ajaibnya doa ialah Alllah memberi ruang cukup dalam koridor sifat-sifat-Nya untuk kita berinteraksi nyata dan berjuang memohonkan sesuatu dari-Nya. Seumpama samudera, sebegitu luas dan dalamnya sifat dan wujud nyata doa, maka patut kita arungi, selami, jelajahi selengkap-lengkapnya.
Tuhan Allah, tolong kami tidak surut dari berbincang dengan-Mu. Sadarkan kami vitalnya mewujudkan hubungan yang telah Kau mungkinkan untuk kami ini. Kiranya sebagaimana harusnya hubungan kami dengan-Mu dalam Yesus tidak pernah berakhir demikian juga doa-doa kami. Amin.
TIPS: Sifat-sifat Allah memungkinkan kita di samping pasrah juga boleh berdoa yang bergumul, bertalu-talu dan berjaga-jaga. Itu sebabnya doa perlu lekat dengan pengenalan isi Alkitab sebab di dalam Alkitab Allah menyatakan sifat dan rencana-Nya untuk kita.
Doa Syafaat: Bergumul dan berjaga-jagalah untuk keutuhan Indonesia, kepemimpinan budaya-ekonomi-politik yang meninggikan kebaikan rakyat menyeluruh, dan untuk peran orang dan gereja Kristen menjadi garam dan terang dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar