Selasa, 11 Februari 2014

Memperkatakan Firman

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi. Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi." - Yoshua 1:7-9

Berbahagialah orang ...yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. - Mazmur 1:1-2

Alkitab mengajarkan / menjanjikan berbagai dampak dahsyat Firman dalam kehidupan umat-Nya, sebab Firman berfungsi seperti cermin yang membaca kehidupan kita dengan standar yang benar, seperti makanan rohani - susu atau daging - yang menumbuhkan dan menguatkan, seperti palu yang menghancurkan berbagai sikap keras dosa dalam diri kita, seperti suluh dan pelita yang memberikan arahan dan bimbingan dalam pengambilan keputusan, seperti pedang Roh untuk menyanggupkan kita menolak berbagai serangan yang berasal dari si jahat.

Masalahnya, mengapa dampak sekaya dan sedahsyat itu kurang kita alami penuh? Mengapa pagi hari kita membaca porsi Alkitab dalam saat teduh kita lalu sesudah itu kita tenggelam dalam kesibukan sehari-hari dengan sedikit saja dampak dari perenungan Firman  Mungkin sekali karena metode kita kurang menampung pengakaran Firman dalam budi kita. Cobalah tiap pagi ketika membaca bagian Alkitab untuk perenungan kita, kita lakukan yang Allah nasihatkan kepada Yoshua dan yang dilakukan oleh pemazmur - yaitu merenungkan bukan dalam arti merenung diam dalam hati tetapi memperkatakan dengan bersuara berulang kali. Lalu dari momen ke momen sepanjang hari itu, angkat kembali ingatan akan Firman itu dan perkatakan lagi dengan suara yang meyakini. Cobalah metode sesuai pembacaan hari ini dan buktikan sendiri bagaimana latihan meditasi Firman dengan memperkatakan berulang-ulang ini berdampak dalam pembentukan hidup kita.

Terima kasih untuk Firman-Mu yang berkuasa mengubah dan membentuk kami. Tolong kami mengikuti teladan Yesus yang menyimpan Firman dalam hidup-Nya sehingga seluruh segi hidup, arah, keputusan, perjalanan hidup-Nya sesuai dengan kehendak-Mu - ya Firman yang hidup. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar