Selasa, 04 Februari 2014

SAR

Beginilah kata TUHAN Yang Mahatinggi yang mengantar Israel pulang dari pembuangan, "Aku akan membawa orang-orang lain untuk bergabung dengan mereka yang sudah terkumpul."  - Yesaya 56:8 (BIS)

Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. - Kisah Rasul 2:41
 
Masih ingat perumpamaan "yang hilang" - mata uang, domba, anak - yang Yesus ceritakan dalam Lukas 15? Tiga perumpamaan itu menunjukkan hati Bapa seperti yang nyata dalam tindak-tanduk Yesus terhadap orang-orang yang dianggap hilang / sesat dan karenanya terpinggirkan dari kalangan yang menganggap dirinya layak. Standar yang dipakai untuk mengesampingkan orang itu bisa moral, keagamaan, pandangan teologis, ekonomi, dlsb.

Prumpamaan itu mau menegaskan bahwa gairah Allah sedemikian besar sampai mengambil inisiatif menjelma jadi manusia mencari yang terhilang itu. Orang yang percaya kepada Yesus "telah  ditemukan" namun Allah masih meneruskan Operasi SAR-Nya itu. Dan Ia ingin yang telah ditemukan - yaitu orang percaya - bukan terlibat dalam dosa baru menghakimi dan meminggirkan orang-orang yang tidak sama dengan kita, melainkan ikut serta dalam Operasi SAR Allah ini. Mari - dalam doa, dalam bersosial, dalam perbuatan baik, dalam kesaksian hidup sampai dalam kesaksian kata kita jalani panggilan mulia menyaksikan Injil SAR ini kepada orang-orang yang Allah taruh di sekitar kita. 
 
Allah yang mengasihi,
Engkau meminta kami untuk bertobat dan berpaling dari jalan dosa kami,
Engkau meluaskan pengampunan kepada semua orang yang bersedia menerima-Mu, Terima kasih kami termasuk di dalamnya. Tolong kami ingat untuk tidak ke luar dari Operasi Penyelamatan-Mu untuk dunia kami ini melainkan untuk memberi diri kami menjadi alat penyelamatan-Mu.
Dalam Nama Yesus Penyelamat kami - kiranya keluarga, tetangga, teman sejawat ... kami boleh mengalami anugerah-Mu juga. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar