Selasa, 24 Januari 2017

Allah vs -isme2 palsu (1)

Pada mulanya Allah... Roh Allah melayang-layang... Berfirmanlah Allah... Allah menjadikan... Allah menamai... Allah melihat .. Allah memberkati... Allah menyelesaikan pekerjaan-Nya... Allah memberkati... Allah menguduskan... Kejadian 1 & 2

Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. -- Keluaran 20:3

Dalam era modern sebagian besar kita tidak lagi membentuk dan menyembah patung-patung. Meski begitu besar kemungkinan ada berbagai konsep tentang Allah atau yang menggantikan Allah yang memengaruhi kita. Dalam terang Kejadian 1 dan 2, berbagai konsep berpengaruh berikut ini perlu kita waspadai:

1. Ateisme. Ateisme percaya tidak ada Tuhan. Kejadian 1 dan 2 mengukuhkan Tuhan ada. Kita perlu waspada juga terhadap kehidupan yang secara praktis bersifat ateistis, tidak menganggap / memperhitungkan Tuhan.
2. Agnostisisme. Agnostik berkata mereka tidak tahu entah ada Tuhan atau tidak. Kejadian 1 dan 2 berkata kita menerima bahwa Ia ada. Meski akal budi kita terbatas namun bila kita menerima penyataan diri-Nya dalam Alkitab, ada banyak hal signifikan tentang Allah dan kehendak-Nya yang dapat kita ketahui bahkan kenal dan alami.
3. Animisme. Ini adalah kepercayaan bahwa banyak roh mengontrol dunia -- roh sungai, roh gunung, dsb. Kejadian 1 dan 2 menegaskan bahwa Tuhan mencipta dan mengontrol dunia. Takhyul masih saja mengendap dalam benak banyak orang. Kita harus menolak kepercayaan seperti astrologi, magnetisme, tempat kramat, dlsb.
4. Politeisme. Politeis percaya bahwa ada banyak Tuhan. Kejadian 1 dan 2 menyatakan hanya ada satu Tuhan Allah sejati; lain dan di luar Dia adalah semu atau hanya makhluk.
5. Dualisme. Ini adalah kepercayaan bahwa ada dua yang ilahi, satu baik dan satu jahat, dengan Tuhan yang baik bertanggungjawab untuk hal-hal baik yang terjadi dan Tuhan yang jahat untuk hal-hal buruk. Kejadian 1 dan 2 menegaskan bahwa hanya ada satu Tuhan, yang baik adanya. 

TIPS: Berbagai konsep salah tentang Allah berpengaruh ke kehidupan praktis. Untuk mengubahnya, tanyalah apa yang kita pelajari tentang Tuhan dari tiap pembacaan Alkitab di saat ibadah pribadi kita.

Doa Syafaat: Mohon kemurahan Tuhan agar kemenangan Kristus atas roh-roh zaman boleh nyata dalam kehidupan akal-emosi-rencana-kehendak kita, juga dalam keluarga, pekerjaan dan pelayanan kita.

Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung. 
Aku berkata kepada TUHAN: "Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!" 
Orang-orang kudus yang ada di tanah ini, merekalah orang mulia yang selalu menjadi kesukaanku. 
Bertambah besar kesedihan orang-orang yang mengikuti allah lain; aku tidak akan ikut mempersembahkan korban curahan mereka yang dari darah, juga tidak akan menyebut-nyebut nama mereka di bibirku. -- Mazmur 16:1-4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar