Rabu, 11 Januari 2017

Penciptaan (5)

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air...  Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah demikian. Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. -- Kejadian 1:1-2, 11-12.

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. -- Yohanes 1:1-3

Allah Mahapencipta, sungguh besar kuasa-Mu, ajaib hikmat-Mu, menyeluruh kasih-Mu. Sungguh Engkaulah Khalik langit dan bumi serta segenap isinya -- oksigen, nitrogen, kalsium, kalium, hidrogen... udara, air, berjuta jumlah dan ragam burung, serangga, binatang, pohon, hutan, gunung, lembah, sumber-sumber alam dan daya ... ya semua, termasuk diri kami dengan ajaib-rumit sistem tubuh-jiwa-roh kami, nafas, potensi, ide,  darah, otot, otak, intelijensia, tenaga... oh Tuhan semua ini milik-Mu. Engkaulah yang mencipta, memelihara, memiliki, mengatur untuk kebaikan bersama seluruh makhluk ciptaan-Mu. Ampuni kami kerap khawatir, kikir, serakah, rakus, miskin-hati, memuja-mengandalkan-menyembah yang bukan Engkau. Tolong kami mempraktikkan kebenaran iman ini menjadi kebenaran faktual keseharian kami. Amin.

Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya, tetapi dengan setia ia akan menyatakan hokum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar