Sabtu, 14 Januari 2017

Penciptaan (8)

Allah melihat bahwa semuanya itu baik... Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik... -- Kejadian 1 & 2
 Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran. Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya. - Yakobus 1:17-18

Setiap kali selesai satu tahap penciptaan penilaian Allah tentang keadaan dan kenyataan ciptaan itu adalah "baik" adanya. Artinya ciptaan tertentu itu baik, bagus, elok, menyukakan, sesuai sebagaimana seharusnya menurut rancangan Allah yang sempurna. Sesudah setiap tahap penciptaan dinilai Allah baik adanya, di tahap terakhir ketika semuanya telah tercipta Allah menilai keseluruhan dari masing-masing ciptaan yang baik itu adalah teramat-sangat atau luar biasa baik adanya. Dalam tiap tahapan penciptaan itu sendiri, telah terdapat sifat keberagaman -- yang paling jelas tentu adalah benda-benda angkasa, beragam makhluk di udara dan dalam air, beragam jenis tanaman, beragam jenis binatang. Secara terbatas keberagaman ini mencerminkan keberagaman dalam diri Allah yang Esa itu yang dalam keragaman pribadi-Nya dengan peran masing-masing sebagai Bapa, Anak, Roh secara bersama dan serasi menghasilkan keaneka-ragaman yang sungguh dahsyat baik adanya. Dalam agrikultura kita mendapat informasi bahwa keanekaragaman tanaman lebih sanggup melawan hama ketimbang kebun yang hanya sejenis tanaman. Tidakkah semua ini dapat kita simpulkan bahwa -- dalam bingkai keserasian dengan penyataan firman -- keanekaragaman dalam penghayatan kerohanian, keberbagaian aliran gereja, perbedaan cara melihat dan menerapkan hubungan kita dengan Tuhan dan dengan sesama justru adalah yang sungguh amat baik adanya dan justru sangat perlu dalam dunia ini. 

TIPS: Jangan memutlakkan pengalaman, pengertian, ajaran, tradisi gerejawi yang kita akrabi sampai kita cenderung memberhalakan dan tertutup terhadap kehadiran dan pekerjaan Allah dalam Kristen aliran lain. 

Doa Syafaat: Untuk berkat hadirat-Nya dalam semua ibadah gereja yang menyembah dan meninggikan Allah Tritunggal dalam terang isi Alkitab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar