Jumat, 24 Februari 2017

Kuasa (3)

Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.  -- Ibrani 4:15
Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan." Segera sesudah itu Roh memimpin Dia ke padang gurun. Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia. -- Markus 1:10-13

Begitu Roh memenuhi Yesus dan konfirmasi terkoyaknya langit serta suara Bapa meneguhkan jatidiri-Nya, langsung Ia didorong oleh Roh yang sama untuk dicobai iblis di padang gurun. Pencobaan yang Yesus alami jauh lebih berat dan seram dari yang dicatat oleh Matius dan Lukas, sebab Ia dicobai sepanjang empat puluh hari berpuasa, di antara binatang-binatang liar. Apabila manusia pertama dicobai di taman yang asri oleh tipu daya iblis, Yesus di kondisi yang menggambarkan kondisi buruk akibat kegagalan Adam dan Hawa justru mengalahkan si pencoba. Manusia pertama gagal berpegang pada firman maka jatuh ke dalam tipu daya iblis, Manusia kedua berpegang teguh pada firman (lihat catatan Matius dan Lukas) dan bergantung terus pada pemenuhan dan pimpinan Roh Kudus, maka Ia berhasil menang menjadi manusia sejati sebagaimana rencana Allah mencipta manusia. Baru sesudah teruji: jatidiri-Nya tidak rancu, rencana Allah untuk-Nya tidak Ia ragukan, hubungan-Nya dengan Bapa tidak turun-naik, kuasa yang dimiliki-Nya tidak disalahgunakan untuk diri sendiri, baru sesudah semua itu diuji dan Ia teruji, sang hamba Allah ini siap untuk melancarkan kuasa-Nya dalam berbagai kata dan karya ajaib. 

TIPS: Semakin besar kuasa dan pengaruh kita semakin perlu kita diuji dan teruji dalam kemurnian konsep diri, sifat, motif, sikap, mentalitas dan tindakan.yang serasi firman dan bergantung penuh pada Allah.

Doa & Syafaat: Tolong semua kami, ya Tuhan Yesus yang menang agar kami juga mengikuti teladan-Mu dan berbagi kemenangan-Mu dalam berbagai aspek hidup dan peran kami. Demi sang Firman yang mewujudkan firman dalam hidup-Nya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar