Jumat, 17 Februari 2012

Anggota Setara

Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.
Galatia 3:28
 

Kehidupan tubuh adalah ungkapan yang dipakai untuk jejaring relasi timbal balik di mana Kristus memanggil dan menciptakan agar semua anggota tubuh membangunnya. Alkitab menjabarkan etika kehidupan tubuh ini dalam ungkapan penilaian dan pelayanan.

            Perbedaan ras, sosial, ekonomi, budaya, dan seksual yang beroperasi sebagai penghambat penerimaan dan penghargaan kita satu sama lain, tidak dapat ditiadakan. Namun demikian, batas-batas yang mereka timbulkan harus diatasi. Dalam tubuh Kristus semua harus saling menyambut dan menghargai sebagai sesama anggota (Efs. 4:25). Anda tidak mungkin berpikir tentangnya dari mengamati apa yang berlangsung dalam gereja kita, tetapi Allah ingin agar hidup dalam masyarakat baru-Nya menjadi suatu pemberontakan sempurna yang berasal dari kasih, kehendak baik, keterbukaan hati, dan persahabatan. Jadi apa yang kita mainkan di sini? Anda katakan coba!

            Pelayanan adalah kasih dalam aksi. Tubuh Kristus membangun dirinya dalam kasih (Efs. 4:16). Kasih ini lebih dari bicara manis atau senyum manis, ukurannya ialah kejahatan yang Anda hindari dan kebaikan yang Anda lakukan dalam kelakuan Anda, bagaimana gereja dibangun dan dikuatkan dalam kasih? Dengan tiap anggotanya… bekerja secara memadai dalam persekutuan: berbagi apa yang Allah karuniakan menjadi milik dan keberadaan kita. Hal berbagi ini adalah pelayanan yang orang Kristen dipanggil memasukinya. Apakah kita semua maju ke kedewasaan keserupaan dengan Kristus melalui pelayanan timbal balik (awam kepada awam dan juga kepada para pelayan gereja secara timbal balik), atau kita semua macet secara terpisah.
 

Apakah Anda berusaha habis-habisan untuk berbuat baik dan menghindari berbuat jahat kepada orang lain?

Tuhan, uruslah aku sampai aku menghargai dan melayani satu kepada  yang lain seperti yang Kau inginkan kami lakukan demi gereja-Mu dan dunia-Mu.

Dikutip dari Bapa Surgawi Mengasihimu - Dr James I Packer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar