Sabtu, 11 Februari 2012

Berdoa dalam Roh

Oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa.
Efesus 2:18

Apakah sesungguhnya maksud “berdoa dalam Roh” itu? Apakah kita harus berdoa dengan cara tertentu? Atau apakah itu berarti bila Roh berdoa dalam kita, kita tidak perlu lagi berdoa?

            Pertama, berdoa dalam Roh berarti berusaha, mengklaim, memanfaatkan akses kepada Allah melalui Kristus. Lalu, orang Kristen memuja dan mensyukuri Allah karena Ia telah menerima kita melalui Kristus dan karena mengetahui bahwa melalui Kristus doa-doanya didengar. Ketiga, ia meminta pertolongan Roh untuk mengerti dan melakukan apa yang membawa kemuliaan bagi Kristus, sambil menyadari bahwa Kristus dan Roh Kudus sendiri pun bersyafaat untuknya sementara ia bergumul untuk berdoa agar kehidupannya benar (Rm. 8:26-27, 34). Akhirnya, Roh memimpin orang percaya untuk berkonsentrasi pada Allah dan kemuliaan-Nya dalam Kristus dengan perhatian yang terfokus dan berkelanjutan serta hasrat yang kuat yang tidak dikenal oleh siapa pun kecuali dikaruniakan oleh-Nya secara rohani.

            Berdoa dalam Roh berarti berdoa dari hati, doa yang terbit dari kesadaran akan Allah, diri, orang lain, kebutuhan, dan Kristus. Entah doa itu keluar secara lisan sebagaimana doa-doa dan puji-pujian yang dicatat dalam Alkitab, atau tidak terutarakan secara lisan seperti ketika orang sedang dalam keadaan menatap Allah secara kontemplatif dalam suasana kasih atau dalam doa glosolali yang dipraktikkan kaum karismatik. Ia yang hatinya mencari Allah melalui Kristus berdoa dalam Roh.
 

Bagaimanakah Anda mendefinisikan berdoa dalam Roh? Bagaimana ajaran Alkitab tentang hal itu?

Gunakan doa dalam Efesus 3:14-29, dengan penyesuaian seperlunya, untuk berdoa bagi diri Anda sendiri, bagi gereja Anda, dan sahabat Kristen Anda.

Dikutip dari Bapa Surgawi Mengasihimu - oleh Dr James I Packer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar