Selasa, 07 Februari 2012

Apa Uniknya Iman Kristen?

Tetapi ketika nyata kemurahan Allah, Juruselamat kita, dan kasih-Nya kepada manusia, pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,
Titus 3:4-5


Apakah keunikan dalam kepercayaan Anda sebagai orang Kristen?

            Kepercayaan lain mengandaikan kesanggupan kita untuk mendapatkan perkenan Allah dengan perbuatan benar dan memberikan kita bimbingan terinci tentang bagaimana melakukannya; tetapi Kekristenan mengatakan bahwa dosa telah sedemikian menghancurkan kita sampai kita tidak mungkin melakukan hal itu. Memenuhi hukum Allah ada di luar kemampuan kita; kita salah dan tak berdaya, sama sekali tidak sanggup untuk menyelamatkan diri sendiri, sehingga kita harus diselamatkan, melalui tindakan pihak lain.

            Iman lain mengarahkan kita untuk mengikuti ajaran pendiri mereka – orang termashur yang telah meninggal; tetapi Kekristenan: mengidentifikasi  pendirinya sebagai inkarnasi Allah, yang mati untuk dosa kita dan bangkit kembali untuk mengaruniakan pengampunan, menyatakan bahwa Ia hidup dan memanggil kita untuk memercayai Dia dan karya penyelamatan-Nya, dan menjadikan Ia obyek ibadah dan pelayanan kita. Penyelamatan melalui kasih Anak Allah, yang menjelma menjadi manusia, yang telah menanggung hukuman Bapa atas dosa-dosa kita, dan telah bangkit dari kematian untuk memerintah selamanya, adalah tema tanpa tandingan dalam agama-agama dunia.

            Kekristenan menyatakan bahwa mereka yang bertobat dari dosa dan menaruh percaya dalam Yesus Kristus diciptakan baru di inti keberadaan mereka oleh Roh Kudus. Mereka disatukan dengan Yesus Kristus dalam kehidupan kebangkitan-Nya, sifat hati mereka diubahkan, sehingga dorongan terdalam mereka kini bukan lagi tidak menaati Allah dan melayani diri sendiri, tetapi menyangkali diri dan menaati Allah. Dengan demikian mereka dilahirkan kembali ke dalam suatu hidup persekutuan dengan Kristus, jaminan, pengampunan, dan keanakan dari Allah dan diberikan pengharapan dan kesukaan yang tak akan terkalahkan. Tidak ada yang seperti ini dalam agama lain.


Apakah saya melihat dan menyatakan Kekristenan kepada orang lain seolah semacam ajaran moral atau sebagai kebenaran sejati?

Tuhan, saya akui kembali bahwa Engkau adalah kebenaran akhir, dan tertinggi.

Dikutip dari Bapa Surgawi Mengasihimu - karangan Dr James I Packer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar