Kamis, 04 Oktober 2012

Kasih Kristus


Kasih Kristus menguasai kami. - 2 Korintus 5:14
 

Apa beda orang Kristen dengan sebelum ia menjadi Kristen, atau dengan orang lain? Menurut Paulus, Kristen dikendalikan oleh kasih Kristus. Ia menjabarkan ini dalam 2 Korintus 5:14-6:2.

            Pertama, motivasi kita dalam hidup telah berbeda (5:14-15). Kita telah dikasihi dan diklaim. Kristus mati untuk semua supaya semua harus melihat diri mereka sebagai telah mati – selesai dengan hidup lama selamanya. Jalan dunia tidak dapat lagi menjadi jalan hidup kita. Kristus harus menjadi Tuhan kehidupan kita dari kini seterusnya.

            Kedua, visi kita berubah (5:16-17). Kita melihat orang lain secara baru. Kini kita melihat Yesus, bukan sebagai manusia aneh, atau hanya figur dalam sejarah Palestina, tetapi sebagai Juruselamat ilahi, dan kita melihat orang lain sebagai orang berdosa dan terhilang.

            Ketiga, relasi dengan Allah menjadi berubah (5:18-19). Dulu kita menentang Allah dan Allah melawan kita. Tetapi kini Allah telah memperdamaikan kita dengan diri-Nya dan mengambil kita masuk ke dalam pelayanan-Nya, memberikan kita “pelayanan pendamaian” dan “mempercayakan kita berita pendamaian.”

            Keempat, relasi kita dengan orang lain pun berubah (5:20-21; 6:1-2). Tidak ada orang lain yang mendekati sesamanya seperti kita, sebab kita mendatangi mereka sebagai para duta Kristus, pekerja Allah, pelaku persuasi dari Allah, pewarta dari surga, “Allah meminta melalui kita.” Allah telah mengutus kita kepada orang lain untuk berbicara atas nama-Nya dan mewakili Anak-Nya, dan sebagai jurubicara-Nya kita “mendesak kamu untuk tidak menerima anugerah Allah dengan sia-sia (tanpa iman aktif dan pertobatan yang membawa keselamatan).

 
Kebanyakan orang bukan Kristen akan kurang mengerti apa yang kita bicarakan bila memakai jargon Kristen, tetapi mereka akan mengamati perbuatan kita.

Tuhan, kiranya kasih-Mu memberi dampak pada motif, visi, dan seluruh relasiku hari ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar