Senin, 08 Oktober 2012

Terbuka kepada Allah dan Sesama Saudara


Jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain. - 1 Yohanes 1:7
 

Persekutuan Kristen adalah ungkapan kasih dan kerendahan hati; ia memancar dari keinginan menolong dan ditolong; ia merupakan pencarian bersama oleh orang Kristen untuk mengenal Allah lebih baik melalui berbagi satu dan lain hal yang telah masing-masing pelajari. Tiga hal tambahan tentang persekutuan, ialah:

            Pertama, persekutuan adalah alat anugerah. Melalui dan dalam persekutuan, jiwa kita disegarkan dan dikenyangkan oleh usaha untuk mengkomunikasikan pengetahuan kita akan hal-hal ilahi, menolong dan berdoa bagi orang lain, dan menerima dari Allah melalui mereka.

            Kedua, persekutuan adalah ujian kehidupan. Persekutuan berarti membuka hati kita kepada sesama Kristen. Orang yang membuang kepura-puraan ketika bicara dengan sesama orang beriman adalah orang yang terbuka dan jujur dalam hubungan keseharian-Nya dengan Allah. Ia adalah orang yang berjalan dalam terang.

            Ketiga, persekutuan adalah karunia Allah. “Anugerah Tuhan Yesus Kristus dan kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus menyertai engkau” (2Kor. 13:14). Hanya di mana Roh Kudus telah diberikan, kita memiliki kerohanian yang hidup bagi Allah dan bersungguh untuk tumbuh dalam anugerah serta menolong orang lain untuk melalui hal yang sama, barulah persekutuan dapat terjadi. Sebagaimana Roh memampukan kita, barulah kita dapat sungguh mempraktikkannya.

            Persekutuan itu dapat terjadi dalam khotbah; sambil kita berdoa bersama; dalam kelompok Penelaahan Alkitab; dalam obrolan di meja makan dengan sahabat; dalam obrolan suami-istri. Tetapi dalam semua hal, hadirat dan kuasa Tuhan akan diwujudkan melalui perkataan, sikap, tindakan, dan kasih seorang Kristen (Mat. 18:20).

Tanda macam apakah dimiliki oleh persekutuan gerejaku? Sikap macam apakah aktif dalamku terhadap sesama Tubuh Kristus lokal dan universal?

Tuhan, kiranya persekutuan Roh Kudus diwujudkan dalam kehidupan dan relasiku hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar