Sabtu, 13 Oktober 2012

Waspadalah!


Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. - Matius 7:15
 

Yesus memperingatkan para murid-Nya bahwa para guru palsu pasti akan datang; mereka terkesan tidak membahayakan atau bahkan atraktif, tetapi hati mereka bagaikan serigala – kejam, buas, merusak.

            Tanda nabi atau guru palsu ialah ketidaksetiaan kepada Allah dan kebenaran-Nya dan melayani diri sendiri. Boleh jadi mereka akan mengatakan apa yang tidak boleh; tetapi lebih mungkin mereka akan salah dengan gagal mengatakan apa yang seharusnya mereka katakan. Mereka akan menghaluskan semua pertanyaan dan isu berat seperti yang dibuat para nabi palsu Perjanjian Lama yang berseru, “Damai, damai,” ketika tidak ada damai (Yer. 6:14). Mereka tidak akan menyampaikan ujaran yang keras yang menyuruh orang untuk bertobat atau mengusulkan bahwa Israel sudah menyimpang secara rohani. Sebaliknya mereka membawa hiburan tak berdasar, menina-bobokkan orang ke rasa aman palsu sehingga para pendengar mereka sama sekali tidak siap menghadapi hukuman yang mendatangi mereka.

            Ada guru-guru dalam gereja masa kini yang tidak pernah bicara tentang pertobatan, penyangkalan diri, panggilan untuk menjadi miskin relatif demi Tuhan, atau aspek kemuridan lain yang menuntut. Wajar mereka popular dan disukai, tetapi karena semua itu mereka adalah para nabi palsu. Kita akan mengenali mereka dari buah mereka. Lihat orang-orang yang mereka layani. Apakah mereka sungguh mengenal dan mengasihi Tuhan? Apakah mereka siap menerima risiko bahkan menanggung bahaya atas hidup mereka demi Yesus? Atau mereka nyaman, tidak aktif, dan malas? Jika demikian, mereka telah tertipu, dan penyebab keadaan itu harus memberikan pertanggungjawaban.

            Siapa pun yang di posisi kepemimpinan rohani yang gagal mengajar hal yang kurang menghibur dan banyak menuntut, yaitu sisi “pintu sempit” dan “jalan kasar” dari kemuridan, adalah nabi palsu.

 
Apakah Anda atau seorang yang Anda kenal ada dalam bahaya menjadi nabi palsu / ditipu oleh nabi palsu?

Berdoalah sungguh-sungguh untuk Anda / orang itu. Apa tindakan yang dapat Anda ambil?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar