Senin, 01 Oktober 2012

Mengenal Allah

Umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak. - Daniel 11:32

 
Tindakan orang yang mengenal Allah adalah reaksi kepada kecenderungan anti Allah yang beroperasi di sekitar mereka. Ketika Allah dihina atau disepelekan, mereka tidak bisa tinggal diam. Mereka merasa harus berbuat sesuatu agar kehormatan Allah dipulihkan.

            Justru itulah yang terjadi dalam narasi Daniel, ketika Daniel dan teman-temannya dieksploitasi. Mereka adalah orang-orang yang mengenal Allah, dan karena itu dari waktu ke waktu merasa terdorong untuk menentang keputusan serta sikap yang tidak agamawi atau yang datang dari agama palsu. Khususnya Daniel tampil sebagai orang yang berani menantang secara terbuka situasi yang tidak benar. Daripada memikul risiko mengalami pencemaran ritual dengan makan makanan istana, ia mendesak agar diberikan sayuran (1:8-16). Ketika Darius melarang kebiasaan berdoa untuk sebulan lamanya, Daniel tidak saja terus berdoa tiga kali sehari, tetapi melakukan itu di depan jendela terbuka, sehingga semua orang dapat melihat apa yang ia lakukan (6:10).

            Daniel bukan orang aneh, yang mencari gara-gara dan merasa bahagia bila ia kedapatan menentang pemerintah. Yang benar hanyalah bahwa orang yang mengenal Allah mereka, peka akan situasi di mana kebenaran dan kehormatan Allah secara langsung atau taktis dibuat berantakan dan daripada membiarkan kejadian berjalan begitu saja, mereka akan berusaha menyoroti masalah itu agar terjadi perubahan hati tentang hal tersebut – meski untuk itu mereka harus memikul risiko.

Adakah sesuatu yang karena Allah, aku harus mengambil sikap dan bertindak?

Tuhan, Engkau tahu apakah aku tipe orang yang terlalu hati-hati atau tergesa-gesa. Bimbing dan bentuklah aku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar