Kamis, 07 Juni 2018

Keistimewaan

Kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan -- 2 Petrus 1:5



Dalam tradisi gereja dikenal dua golongan kebajikan (virtues). Pertama yang disebut cardinal virtues atau kebajikan utama -- keadilan, kebijakan, keberanian dan kesahajaan -- yang menjadi seperti engsel bagi orbit kebajikan-kebajikan lainnya yaitu. Ini dipercaya khususnya dalam tradisi purba sebagai diajarkan bukan saja dalam filsafat Yunani tetapi juga dalam Alkitab. Kedua yang disebut sebagai theological virtues atau kebajikan teologis yaitu iman, pengharapan dan kasih yang dilihat sebagai mahkota dari semua kebajikan. Lalu apa maksud kebajikan yang Petrus anjurkan untuk kita usahakan dari sumber atau sebagai tambahan iman di sini?
Perhatikan bahwa kebajikan ini adalah kata yang sama dengan kata "ajaib" di ayat 3 yang menjelaskan tentang sifat panggilan Allah yang mulia dan ajaib. Terkandung di dalamnya ide keberlebihan, ketidakbiasaan, kelimpahan, keistimewaan -- ajaib! Karena itu "arete" dalam bahasa Yunani ini untuk pemercaya adalah cerminan dari keajaiban anugerah penyelamatan Allah. Beberapa terjemahan Inggris menerjemahkan arete dengan virtue, goodness, excellence, worthiness, Dalam segala seginya Allah mewujud-nyatakan keselamatan dalam sikap dan cara yang istimewa. Excellent -- mengikuti slogan yang sering dipakai di salam-slogan kelas motivasi -- adalah hasil dari kita beriman, menyambut, hidup serasi dengan Allah yang excellent dalam segala sikap, tindakan dan perbuatan-Nya. Keistimewaan hidup orang percaya bukan hasil boosting moril atau emosi tetapi kesepadanan dengan sifat dan karya-karya Tuhan!
Maka dalam kehidupan iman-percaya kita pun harus ada usaha giat dan kuat agar kehidupan kita bersumberkan pada semua yang excellent dari Allah juga mewujud-nyata dalam keistimewaan hidup keseharian kita. Itu berarti sikap baik melimpah dan tidak biasa terhadap sesama, itu berarti kejantanan dan keberanian dalam menyaksikan Injil Yesus Kristus dan membela-menegakkan kebenaran serta keadilan, itu berarti konsisten antara sikap, perbuatan sosial-komunal-moral kita dengan iman Kristen kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar