Rabu, 20 Juni 2018

Keyakinan Teguh dan Hak Melimpah

Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung. Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. -- 2 Petrus 1:10-11

Marilah jadikan nas ini bingkai untuk kita menghayati keselamatan pribadi kita, juga untuk pembinaan pemuridan kita, pelayanan pastoral kita, penginjilan dan kesaksian kita. Keselamatan bukan hasil usaha atau upah atas jasa moral dan spiritual kita, keselamatan adalah hasil dari pemilihan Allah dan panggilan Injil yang memberlakukan karya penyelamatan oleh Yesus Kristus ke dalam kehidupan nyata kita. Kendati memang demikian, keselamatan terjadi karena adanya respons iman dan tobat terus menerus -- bukan hanya sekali di awal yang menjamin keselamatan kekal selamanya, tetapi di dalam kehidupan beriman yang terus menerus bertumbuh dan bertambah-tambah. 
Nas ini membuat jelas bahwa tidak mungkin ada keyakinan keselamatan tanpa usaha dan kegiatan menumbuhkan dan menambahkan iman dengan berbagai segi pembaruan hidup yang telah dipaparkan sebelum ini. Bahkan tujuh manifestasi pertumbuhan dan pertambahan iman sejati -- kebajikan, pengetahuan, pengendalian diri, ketekunan, kesalehan, kasih eksklusif sesama seiman dan kasih inklusif sesama manusia -- berfungsi untuk: 1) meneguhkan panggilan dan pilihan keselamatan kita, 2) penopang untuk kita tidak tersandung sampai hanyut atau undur sampai tidak tiba di tujuan (peringatan di Ibrani), 3) beroleh hak melimpah untuk memasuki Kerajaan kekal Tuhan Allah dan Tuhan Yesus Kristus. 
Mari ingat atau baca ulang berbagai ajaran dan perumpamaan Tuhan Yesus tentang Kerajaan. Bukan saja panggilan, ajakan dan anjuran yang diberikan, tetapi juga syarat tobat dan iman, peringatan tentang penyaringan, syarat untuk sungguh menghasilkan buah pertobatan, buah percaya sejati, peringatan tentang menghitung bukan saja agar bisa memulai tetapi supaya sanggup menyelesaikan, tentang banyak yang dipanggil sedikit yang dipilih, dst. Ini semua serasi dengan yang Petrus paparkan di sini. Relasi pengenalan yang tumbuh-tambah akan Yesus Kristus akan memberikan keyakinan yang makin kuat tentang keterpanggilan dan keterpilihan kita, akan memberikan jaminan melimpah dan HAK untuk kita kelak-akhirnya memasuki Kerajaan kekal Tuhan Allah dalam Yesus Kristus Tuhan kita. Semua doktrin dan penghayatan kita hendaknya sesuai dengan firman Tuhan ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar