Sabtu, 05 Februari 2011

Lectio Divina

Orang Kristen Benediktin dari abad keenam memperkenalkan bentuk perenungan dan doa yang disebut lectio divina. Mereka memakai suatu pola yang terdiri dari beberapa langkah yang memungkinkan mereka untuk fokus pada suatu teks tertentu, memikirkannya dari berbagai sudut, berdoa dan berusaha untuk menyadari apa yang Allah nyatakan kepada mereka melalui bagian itu. Gunakan model lectio divina ini untuk Anda menyerap pengajaran-pengajaran penting dalam bagian Alkitab yang Anda renungkan.

Silencio (Hening)
Ambil waktu untuk diam / hening; bersiap untuk berkomunikasi dengan Allah ketika Ia mengungkapkan diri-Nya kepada Anda dalam bagian Alkitab ini. Sesudah suatu jangka waktu tertentu, minta Allah menolong sambil Anda memasuki sesi doa meditatif.

Lectio (Baca)
Bacalah bagian Alkitab itu dengan suara kuat secara lambat beberapa kali. Izinkan kata-kata dan arti-artinya membenam dalam jiwa Anda.

Meditatio (Meditasi)
Perenungan (meditasi) agak mirip dengan mengunyah. Itu terjadi perlahan dan menyeluruh. Tulis catatan tentang apa yang Anda lihat dalam bagian itu. Buat kaitan-kaitan antar berbagai bagian. Tanyakan diri Anda, “Apa yang kata-kata dari Allah ini katakan?” “Apa maksudnya?” Tempatkan kenyataan diri Anda dan apa yang Anda jalani dalam hidup di samping bagian firman ini dan minta Allah memeriksa Anda. Lanjutkan menuliskan temuan Anda.

Oratio (Doa)
Berdoalah dengan memakai bagian ini sebagai kerangka untuk doa Anda. Bacalah bagian ini frasa demi frasa, sambil merespons kepada Allah setiap kali Anda usai membacanya.

Contemplatio (Kontemplasi)
Menantilah sekali lagi dalam keheningan (kontemplasi). Mintalah Allah untuk memasukkan ke dalam pemikiran Anda segala wilayah dalam hidup Anda yang perlu Anda bentuk sedekat mungkin dengan desain-Nya sebagaimana yang dinyatakan dalam bagian itu. Resapi (kontemplasikan) kasih dan kuasa Allah yang dinyatakan dalam bagian Alkitab itu.

Incarnatio (Hidupi)
Apa tepatnya yang harus Anda percayai, pikir dan lakukan sebagai akibat dari menyelami bagian Alkitab itu? Tuliskan tentang bagaimana Anda berharap untuk membawa perkataan dari Yesus ke dalam praktik Anda kini.

Sumber: Buku Selalu ada Harapan (oleh Dr. James I. Packer). Informasi: Email ke waskitapublishing@gmail.com, atau sms / call ke 0812-270-24-870.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar