Rabu, 03 Agustus 2016

Ora et Labora -- bukan: Ora vs Labora!!!

Berkatalah Musa kepada bangsa itu: "... TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja." Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Mengapakah engkau berseru-seru demikian kepada-Ku? Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka berangkat. -- Keluaran 14:13-15

Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus. Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya. Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga. Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya. -- 2 Timotius 2:3-6

Adakah prajurit yang menang tanpa semangat juang dan disiplin kepada komandan? Bisakah olahragawan menjadi juara tanpa menaati aturan permainan? Pernahkah terjadi petani menuai panenan besar tanpa bekerja keras, berkeringat, bertekun-sabar? Kita semua tahu jawabannya: TIDAK! Tetapi faktanya kita suka sekali ajaran, khotbah, lagu pujian yang intinya bertolak belakang dengan prinsip tadi. Contohnya, ucapan Musa di atas sering dikutip lepas dari jawaban Tuhan. Hanya berdoa, duduk diam, menanti, menonton, tidak bangun, bergerak dan berjalan maju mengikuti petunjuk Tuhan, bagaimana mungkin masuk dan merebut Tanah Perjanjian? Kalau mau berhasil -- baik dalam pendidikan, pekerjaan, pelayanan, kehidupan -- harus berjuang, disiplin, bekerja keras, bersusah payah! Ora et Labora -- bukan Ora vs Labora!!! Baik anugerah umum maupun anugerah khusus, tidak meniadakan tetapi menghidup-dayakan kewajiban dan energi manusia agar boleh bekerja-bersama Allah Pekerja Agung yang sampai kini masih bekerja dalam keseluruhan realitas supernatural-pun-natural.

Maju, laskar Kristus, lawan kuasa g'lap! Ikut salib Yesus, sungguh dan tetap! Rajamu sendiri jalan di depan; majulah, iringi panji cemerlang! Maju, laskar Kristus, lawan kuasa g'lap! Ikut salib Yesus, sungguh dan tetap!
...  Kar'na itu, maju! Ikut salib t'rus, turutlah memuji Raja Penebus: "Hormat, kemuliaan, Tuhan, t'rimalah!" Insan dan malaikat sujud menyembah. Maju, laskar Kristus, lawan kuasa g'lap! Ikut salib Yesus, sungguh dan tetap!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar