Kamis, 17 November 2011

Sakit?

Tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.
1 Timotius 5:23

Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa!
Yakobus 5:13


Benar keselamatan mencakup tubuh dan jiwa. Dan benar juga seperti yang dikatakan oleh sementara orang bahwa kesembuhan untuk tubuh tertampung juga dalam penyelamatan. Tetapi kesehatan jasmani yang sempurna tidak dijanjikan untuk kehidupan ini tetapi untuk surga, sebagai bagian dari kemuliaan kebangkitan yang menantikan kita. Kesejahteraan tubuh secara sempurna adalah bagian dari berkat keselamatan masa depan, namun yang boleh kita cicipi sekarang adalah pengalaman awal dari keselamatan masa depan itu.

            Benar juga bahwa kita kehilangan berkat ketika kurang iman. Tetapi bahkan dalam masa Perjanjian Baru, di antara para pemimpin yang tidak mungkin kita simpulkan mengalami kekurangan iman, kesembuhan tidak selalu universal.

            Jadi apa yang harus kita buat ketika kita sakit? Kita harus pergi ke dokter dan menggunakan obat-obatan serta bersyukur kepada Allah atas pertolongan itu. Tetapi setara dengan itu kita harus pergi ke Tuhan (Dokter Yesus, sebagaimana dipanggil oleh sebagian orang) dan menerima pesan atau tantangan, atau teguran, atau hiburan yang ia berikan menyangkut penyakit kita. Mungkin saja kita menerima kesembuhan dalam bentuk yang Paulus minta; mungkin juga kita menerimanya dalam bentuk yang diberikan kepada Paulus (2Kor. 12:7-10). Kita harus terbuka kepada salah satu dari kedua kemungkinan itu.

Bagaimana Anda menjawab orang yang berpendapat bahwa pergi ke dokter adalah kurang iman?

Doakan para dokter, khususnya yang Anda kenal – agar mereka memakai keahlian mereka dengan baik dan ketika mereka tidak tahu harus bagaimana, mereka boleh mendapatkan pertolongan terbaik dari pihak yang benar.

Dikutip dari Bapa Surgawi Mengasihimu - oleh Dr. James I. Packer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar