Kamis, 05 April 2018

Peluasan Pe-Raja-an YHWH


Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." -- Matius 28:18-20
... supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa! -- Filipi 2:10-11
Semua bangsa (Segala ujung bumi) akan ingat kepada TUHAN dan kembali kepada-Nya, segala suku bangsa akan sujud menyembah Dia. Sebab Tuhanlah yang berkuasa, Ia memerintah bangsa-bangsa. Semua orang besar akan sujud di hadapan-Nya, semua manusia fana (kecil, rendah) akan sujud menyembah Dia. Angkatan-angkatan berikut akan berbakti kepada TUHAN, Ia akan diberitakan turun-temurun. Kepada bangsa yang lahir kemudian akan dikabarkan bahwa TUHAN telah menyelamatkan umat-Nya. -- Mazmur 22:28-32 (BIS)

Nas ini menunjuk jauh melampaui fakta historis pribadi Daud ke apa yang merupakan hasil penderitaan Yesus Kristus. Pertama, pertobatan dan pembaruan atas semua manusia dari segala tempat (ujung-ujung bumi) dan dari semua bangsa akan dimungkinkan terjadi. Seperti dalam nas sebelum ini -- mereka (kita termasuk di dalamnya) adalah yang rendah hati, takut akan Allah, mencari Dia, bersekutu sehidangan dengan-Nya, menyembah memuji-muji Dia dan hidup selamanya untuk Dia!
Kedua, Pe-raja-an Allah YHWH dikukuhkan dan Ia diakui sebagai yang sesungguhnya  Pemerintah / Penguasa / Pemimpin sejati atas mereka dan seisi dunia ini. Tersirat dalam kedua hasil mulia ini adalah baik orang mulia maupun orang hina, baik yang gendut maupun yang kurus, baik yang berkuasa maupun yang tanpa daya bahkan yang sekarat keadaannya akan mengakui Allah YHWH sebagai sumber hidup mereka dan mereka akan sungguh bergantung kepada YHWH dan menerima kelimpahan kebaikan-Nya, serta menyembah Dia. Ketiga, akan terjadi peluasan dan pertumbuhan dalam kenyataan Pemerintahan YHWH ini secara berkelanjutan ke generasi-generasi berikutnya. Dan, peluasan itu terjadi melalui pemberitaan mereka yang sudah masuk ke dalam Pemerintahan YHWH, merasakan anugerah YHWH yang menyelamatkan tanpa pandang riwayat dosa, asal usul bangsa / suku / marga / klan, atau tinggi / rendah orang. 
Bukankah ini merupakan ujaran profetis tentang kedatangan Kerajaan Allah ke bumi ini melalui berbagai tindakan kesaksian umat Yesus Kristus -- menyaksikan Injil Kemenangan melalui fakta hidup, kesaksian kata, perbuatan baik, kontribusi di berbagai bidang kehidupan seperti dalam bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dunia bisnis, penegakan hukum, mengasuh anak, pelayanan kerohanian, dst... kesaksian hidup holistik dan komprehensif yang intinya adalah kehadiran Pe-Raja-an YHWH atas semua dan segala dan seluruh! Amin -- Ingatkan dan Berdayakan kami, o Yesus Kristus yang menang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar