Selasa, 03 April 2018

Terciptanya Umat Paskah

Aku akan memasyhurkan nama-Mu kepada saudara-saudaraku dan memuji-muji Engkau di tengah-tengah jemaah: kamu yang takut akan TUHAN, pujilah Dia, hai segenap anak cucu Yakub, muliakanlah Dia, dan gentarlah terhadap Dia, hai segenap anak cucu Israel! Sebab Ia tidak memandang hina ataupun merasa jijik kesengsaraan orang yang tertindas, dan Ia tidak menyembunyikan wajah-Nya kepada orang itu, dan Ia mendengar ketika orang itu berteriak minta tolong kepada-Nya.  -- Mazmur 22:22-25

Perubahan Ajaib! Seruan minta tolong berubah menjadi Seruan Memasyhurkan TUHAN dan Sorak Puja-Puji. Gelap lenyap disingkirkan oleh Terang. Mesias yang Menderita nyata jelas adalah Mesias yang Menang, yang Memperkenan TUHAN, yang sungguh dan sejati mengalami Kemuliaan TUHAN dalam segala kepenuhan-Nya!
Terbukti Iblis dan semua begundalnya -- lembu jantan yang menyeruduk, banteng Basan yang menanduk, singa lapar yang mengaum dan melulur -- semua sudah keok. Meski segala kekuatan mereka telah dikerahkan, bisa paling mematikan si ular telah dipagutkan dan menyebar ke dalam Mesias -- justru melalui cara itu, cara masuk ke kedalaman terdalam daya rusak si jahat dan bukan dengan jalan menghindari -- terbukti Ke-Kristus-an Yesus, kepenuhan hadirat TUHAN di dalam-Nya, dan terwujud daya cipta baru Allah atas segala sesuatu.
Ia bukan saja menang dalam diri-Nya sendiri, Ia menjadi GOEL -- Kerabat Penebus yang seperti Boas menebus Rut, kini Yesus Kristus menjadi yang Sulung dengan banyak saudara-saudara -- jemaat milik-Nya yang juga milik Allah -- yang oleh sengsara dan kematian-Nya serta kebangkitan-Nya menjadi kawanan yang takut akan TUHAN, yang memuji-memuliakan dan gentar akan Dia. Patutlah segala syukur dan hormat dan iman-taat kita arahkan bagi Yesus Kristus saja -- Goel kita, Abang tua kita, Sahabat sejati kita, Teladan Prima kita. Haleluyah! Yesus Kristus hidup! Ia Tuhan dan Juruselamat kita -- saya dan Anda, kita umat Paskah Minggu, Senin, Selasa dan seterusnya. Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar