Jumat, 20 April 2018

Visi Telos (2)

Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya. Kemudian tiba kesudahannya, yaitu bilamana Ia menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah Ia membinasakan segala pemerintahan, kekuasaan dan kekuatan. Karena Ia harus memegang pemerintahan sebagai Raja sampai Allah meletakkan semua musuh-Nya di bawah kaki-Nya. -- 1 Korintus 15:23-25

Inkarnasi, kehidupan, pelayanan, kematian, kebangkitan dan kenaikan Yesus Kristus ke surga BUKAN FIKSI tetapi FAKTA SEJARAH-- ada saksi-saksi mata, ada kitab-kitab yang mencatat, membahas, memproklamirkan itu, dan ada kemajuan visi-misi yang ditenagai dan didasari serta diwujudnyatakan oleh Kristus yang bangkit itu di dalam dan melalui para pemercaya Dia, Maka TELOS, ESKATON  yang belum lama ini disebut-sebut oleh seseorang di salah satu acara televisi, bukan sekadar kekuatan imajinasi untuk maju ke depan tanpa realitas historis di masa lampau -- realitas Yesus Kristus di masa lampau dan telos Yesus Kristus yang melibatkan semua orang percaya dan seisi kosmos di masa depan, di akhir ESKATON nanti berkesinambungan, sebab-akibat, dorong-dan-tarik bersifat konsekuensial.
Karena fakta kebangkitan Yesus Kristus membuat kedatangan Yesus Kristus kedua nanti pasti akan menjadi fakta juga, maka kita yang percaya kepada-Nya, hidup di dalam Dia dan Dia di dalam kita pasti juga mengalami dorong-tarik kebangkitan-kedatangan kedua itu di sini-kini kita. Antara lain di berbagai arus kehidupan berikut ini:
1. RELASI: Pengaruh Kebangkitan-kedatangan kedua Yesus Kristus dalam pewujudan relasi riil kita dengan Allah Tritunggal, Ini menjamin status kita sebagai anak-anak Tuhan, menurunkan kondisi kehidupan kita berikut ini:
2. SPIRITUALITAS: doa-baca Alkitab, penyembahan, ibadah bersama, bersaksi, melayani dalam konteks gerejawi menggeliat nyata dalam hidup orang percaya.
3. MORAL: Dorongan kuasa kebangkitan dan tarikan Kedatangan kedua Yesus Kristus bekerja di dalam orang percaya menghasilkan kehidupan kudus -- kekudusan pikiran-perasaan-kemauan-imajinasi-kreativitas, kekudusan kerja, kekudusan ekonomi-finansial, kekudusan seksual, dlsb.
4. SOSIAL / KOMUNAL: Kebangkitan-kedatangan kedua Yesus Kristus mewujudkan kasih universal dan kasih partikular. Orang percaya mengembang-tumbuhkan hubungan penuh perhatian ke dalam Komunitas Tubuh Kristus dan ke luar ke Sesama Manusia.
5. VOKASIONAL: Panggilan umum dan panggilan khusus bekerja di dalam hidup orang percaya karena didorong dan ditarik oleh energi kebangkitan dan kedatangan Yesus Kristus itu. Pekerjaan, karier, hobby yang menjadi penghasilan, bisnis, berbagai profesi untuk orang percaya adalah vokasi -- pengabdian yang dimotori oleh syukur kepada Tuhan.
6. KULTURAL: Kekuatan utama karya kebangkitan-kedatangan kedua Yesus Kristus dalam budaya adalah kekuatan kreatifitas yang memuliakan Tuhan dan memanusiakan manusia serta memelihara alam. Orang Kristen seharusnya bukan sekadar pemakai atau penikmat apalagi penonton budaya tetapi terlibat penuh sebagai garam dan terang.
7. FISIKAL: Hal ini sudah sedikit disinggung kemarin -- yaitu di dalam realitas fisik kita sebagai gambar Allah, pun bekerja energi kebangkitan Yesus Kristus dan energi kebangkitan tubuh kita kelak pada kedatangan-Nya yang boleh kita hidupi dalam iman untuk kebutuhan kesehatan, kekuatan, pembaruan jasmani kita.
8. KONSEPTUAL: Orang percaya perlu memiliki wawasan alkitabiah tentang seluruh realitas dan kuat-kuasa kebangkitan dan kedatangan kedua Yesus Kristus menjadi kekuatan pewujud meta narasi alkitabiah: penciptaan-kejatuhan-penyelamatan-restorasi kekal. Wawasan konseptual dan energi kebangkitan-kedatangan kedua Yesus Kristus menjadi pola hidup orang percaya.
9. EKOLOGIKAL: Bumi dan segenap isinya memuliakan Nama Tuhan -- sayangnya sebagian besar bumi dan sumber daya alam telah rusak karena dosa kerakusan manusia, Kuasa kebangkitan dan kedatangan Yesus kedua bekerja dalam hidup yang bertanggungjawab dan yang restoratif dalam pola hidup orang percaya.
Sungguhkah kita menerjemahkan FAKTA kebangkitan dan PENGHARAPAN kedatangan kedua Yesus Kristus dalam semua aspek penting ini? Supaya dunia menyadari bahwa Yesus Kristus bukan fiksi sebab kitalah fakta Dia! KIRIE ELEISON!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar