Minggu, 16 Oktober 2011

History = His Story

Katakanlah di antara bangsa-bangsa: "TUHAN itu Raja! Sungguh tegak dunia, tidak goyang. Ia akan mengadili bangsa-bangsa dalam kebenaran."
Mazmur 96:10


Dari Kejadian sampai Wahyu, keyakinan Alkitab yang dominan tentang Allah ialah bahwa di balik dan di dasar semua yang terlihat membingungkan dalam dunia ini terletak rencana-Nya. Rencana ini menyangkut penyempurnaan suatu umat dan pemulihan dunia melalui tindakan pengantaraan Kristus. Allah mengatur peristiwa hidup manusia dengan maksud mencapai sasaran itu, dan sejarah manusia adalah pengupayaan dari sejarah yang Ia inginkan yaitu kisah-Nya sendiri.

            Alkitab memerinci tahap-tahap dalam rencana Allah. Allah melawat Abraham, memimpinnya ke Kanaan, dan masuk ke dalam suatu relasi perjanjian dengannya dan keturunannya (Kej. 17:7-8). Ia memberi Abraham seorang putra dan mengubah keluarga Abraham menjadi suatu bangsa yang Ia pimpin keluar dari Mesir ke tanah mereka sendiri. Selama berabad-abad Ia menyiapkan mereka dan dunia kafir untuk kedatangan sang Raja-Juruselamat. (1Ptr. 1:20). “Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak” (Gal. 4:4-5). Perjanjian kepada anak-anak Abraham kini digenapi kepada semua orang yang menaruh percaya dalam Kristus (Gal. 3:29).

Rencana untuk zaman ini ialah bahwa injil harus diberitakan ke seluruh dunia dan “suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa” (Why. 7:9) dibawa kepada iman dalam Kristus; sesudah itu, pada kedatangan Kristus kembali, langit dan bumi akan dicipta ulang dengan cara yang tak terbayangkan; dan di mana “takhta Allah dan Anak Domba” ada, di sana “hamba-hamba-Nya akan menyembah Dia, mereka akan melihat wajah-Nya… mereka akan memerintah selama-lamanya” (Why. 22:3-5).


Perlukah aku mengambil waktu untuk membaca Alkitab secara menyeluruh sebagai satu kisah dan menyimpulkan plot-plot utamanya?

Tuhan, Engkau sungguh memiliki rencana bagi dunia dan bagi hidupku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar