Rabu, 19 Oktober 2011

Salib



Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.
Kolose 1:19-20


Kebanyakan masalah manusia mengandung dimensi yang berurusan dengan relasi dengan Allah, dan kita tidak dapat membereskan bagian manusia dari masalah itu sebelum relasi dengan Allah beres.

            Kesalahan adalah masalah sangat mendasar, dan orang yang menyangkali Allah masih menggantung masalah itu sampai hari ini. Para psikiater memberitahu kita tentang itu. Paulus tahu bahwa masalah kesalahan rohani menemukan solusinya di Kalvari dalam pengetahuan bahwa Kristus yang membuat “damai dengan darah salib-Nya.” Ini satu-satunya jalan untuk memasuki damai Allah.

            Lalu ada masalah kesepian yang begitu menyebar luas: suatu perasaan bahwa dalam dunia luas yang ramai ini saya harus hidup sendiri dan tersesat. Saya tak memiliki siapa pun untuk mendapatkan pertolongan, dan saya tidak tahu sedang menuju kemana. Boleh mengetahui bahwa Allah mengasihi saya secara pribadi, memberikan penyembuhan dan pengharapan untuk mereka yang mengalami kesepian itu.

            Orang seperti itu perlu menangkap apa maksud salib. “Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa” (Rm. 5:8). Mereka perlu ditolong dengan satu atau lain cara bahwa Allah mengasihi mereka dan telah melakukan semua itu untuk mereka. Ia ingin mereka menjadi anak-anak-Nya. Ia mengangkat mereka ke dalam keluarga-Nya berdasarkan dampak hal yang telah Kristus lakukan untuk mereka. Ia akan beserta mereka dan mengasihi mereka selamanya. Kini mereka tidak lagi terhilang – mereka telah ditemukan.

Orang yang sepi, bersalah, perlu mengalami kasih Allah dalam Kristus. Tetapi bagaimana kasih ini dapat mencapai mereka? Bukankah biasanya melalui seseorang yang cukup peduli yang membawa mereka keluar dari diri dan dosa dan membimbing kepada Allah?

Berdoalah untuk orang yang dalam rasa bersalah dan sepi, dan tanyakan Allah apa yang Anda harus buat untuk mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar