Selasa, 18 Oktober 2011

Inilah Keselamatan

Kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.
Titus 2:11
 

Ketika saya masih studi S1, saya biasa  berdayung di sungai. Suatu hari tiba-tiba saya terjungkal di air dengan rangkaian ganggang mengitari kepala saya dan cahaya lampu di kaki saya.

            Bayangkan situasi berikut. Seorang jatuh ke dalam air. Ia tidak dapat berenang. Ganggang menjeratnya; ia meronta-ronta tetapi tidak dapat membebaskan diri dan ia putus asa. Lalu datang tiga orang ke tepi sungai.

            Salah seorang melihat dan berkata, “Ia tak apa-apa; jika ia berjuang ia akan lepas. Bahkan ini baik untuk sifatnya bahwa ia harus berjuang seperti ini. Saya akan tinggalkan dia.” Orang kedua melihat ke orang yang malang itu dan berkata, ‘saya ingin menolongmu. Saya tahu apa yang kau perlu. Anda perlu petunjuk cara berenang. Mari saya beritahu.” Lalu orang ketiga. Ia melihat situasi itu lalu terjun, mengatasi rontaan orang tersebut, melepaskannya dari lilitan ganggang, membawanya ke tepi sungai, memberinya nafas bantuan, dan membangunkannya.

            Yang mana dari contoh tadi yang benar-benar menggambarkan apa yang Allah buat untuk menyelamatkan kita? Yang pertama menunjuk ke pesan pertolongan diri sendiri: sebentuk tiruan yang kasar dan rendahan dari Kekristenan. Yang kedua menggambarkan seseorang yang memberitahu cara untuk selamat dengan jalan pasrah. Yang ketiga adalah gambaran Allah mengambil inisiatif. Kristus turun langsung ke mana kita berada, memasuki kesusahan kita, dan melakukan apa yang harus dilakukan. Ia menghancurkan belenggu dosa dan kesalahan yang mengikat kita, membawa kita ke daratan (yaitu ke Allah), memperbarui hidup, dan menjadikan kita orang percaya – semua ini oleh anugerah-Nya yang berdaulat yang menyelamatkan secara ajaib dan mutlak dari mula sampai akhir.


Apakah aku telah menilai rendah keselamatan ajaib ini?

Tuhan, terima kasih untuk semua yang Engkau lakukan untuk menyelamatkanku dan untuk semua yang Engkau lakukan untuk membebaskanku menjadi seorang pribadi sesuai maksud-Mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar