Jumat, 14 Oktober 2011

Menantikan Hari Tuhan

Betapa suci dan salehnya kamu harus hidup yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah.
2 Petrus 3:11-12

Dalam 2 Petrus 3:11-18, ada empat hal amat penting yang Petrus sampaikan, yaitu kita harus berpikir dan bertindak apa dalam kaitan dengan kedatangan Kristus kembali.
            Pegang erat kepastian kedatangan Kristus. Skala waktu Allah tidak sama dengan skala kita. Allah memiliki alasan kemurahan untuk penundaan; kedatangan Kristus akan tidak terduga, tetapi pasti sebab Allah telah menjanjikannya; dan orang Kristen harus hidup dalam terang pengetahuan ini.
            Hidup dalam kesiagaan untuk kedatangan Kristus. Mereka yang menantikannya harus bersiap diri untuknya, mengejar kekudusan, menghindari jerat dunia ini dan semua hal yang mengganggu dari manusia dan tercela di hadapan Allah. Seperti halnya dalam menumbuhkan keserupaan dengan Kristus dan mencari jaminan, dalam hal berjaga-jaga ini pun perlu kesungguhan dan usaha, sementara apatisme dan ketidaksungguhan hati tidak boleh ada.
            Mengerti penundaan kedatangan Kristus. Petrus menjajarkan dua pemikiran yang mengagetkan. Pertama, Allah menunda kedatangan Kristus sebab kesabaran kemurahan-Nya supaya lebih banyak orang boleh diselamatkan. Kedua, orang Kristen mempercepat Hari kedatangan itu dengan kualitas hidupnya. Doa dengan “kekudusan dan kesalehan” termasuk di dalamnya; keduanya berkontribusi dalam kedatangan hari itu.
            Bertumbuhlah secara rohani sambil menantikan kedatangan Kristus. Pengenalan tentang Kristus dan pengalaman pribadi langsung akan anugerah-Nya harus bertumbuh tiap hari. Orang Kristen tidak boleh pasif.
Buatlah daftar hal-hal yang perlu Anda buat hari ini. Dalam terang kemungkinan kedatangan Kristus, tata / tulis ulang daftar prioritas Anda itu.
Tuhan, aku berdoa untuk damai-Mu juga kesungguhan sementara aku memasuki hari ini dengan segala kemungkinannya, termasuk kemungkinan kedatangan-Mu kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar