Jumat, 06 Januari 2012

Suam

Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas!
Wahyu 3:15
 

Dari tujuh gereja (1:4-3:22) hanya satu yang Juruselamat senang (gereja di Filadelfia). Gereja di Efesus dikecam karena telah meninggalkan kasih mula-mula, gereja di Sardis karena mati, gereja di Laodikea karena puas dan menipu diri. “engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang… Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!” (3:17, 19). Sukar untuk meragukan bahwa seperti itu jugalah pikiran Yesus tentang banyak gereja masa kini.

            Teologi alkitabiah tidak mengenal keadaan tengah antara kemajuan rohani di bawah berkat Allah dan kemunduran rohani di bawah ketidaksenangan ilahi, untuk gereja atau orang Kristen. Akar kemunduran rohani selalu adalah berbagai bentuk ketidaksetiaan, dan buahnya selalu adalah hajaran dari Allah yang rencana-Nya yang penuh anugerah dan pemberdayaan adikodrati-Nya telah diringankan dan tidak dihormati.

            Tanda-tanda kemunduran termasuk sangat mentolerir sikap setengah hati, kegagalan moral, dan kompromi; pengharapan rendah akan kekudusan dalam diri sendiri dan orang lain; kesediaan untuk tetap menjadi Kristen kerdil; apatis tentang kemajuan kepentingan Allah dan kemuliaan-Nya; dan kepuasan akan apa adanya sesuatu. Charles Finney pernah berkata, “Orang Kristen yang tidak dibangunkan harus lebih disalahkan ketimbang orang berdosa yang tidak diubahkan.”


Anda setuju dengan Charles Finney?

Tuhan yang baik, luputkan aku dari keras hati dan dari merendahkan firman dan perintah-Mu.

Dikutip dari Bapa Surgawi Mengasihimu - karangan Dr James I Packer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar