Jumat, 20 Januari 2012

Tuntunan-Nya


Tuhan akan menuntun engkau senantiasa. Yesaya 58:11


Sebagai anak-anak Allah kita tentu menyadari pentingnya mengetahui pimpinan Tuhan untuk hidup kita. Bagaimanakah Ia memimpin kita?

Bentuk dasar dari bimbingan ilahi ialah arahan untuk seluruh aspek kehidupan kita, dalam bentuk pernyataan ideal positif. “Jadilah pribadi yang menyerupai Yesus”; “kejarlah kebajikan dan kembangkan sejauh mungkin”; “ketahui tanggungjawab Anda sebagai suami kepada istri, atau istri kepada suami, orangtua kepada anak, anak kepada orangtua; semua kalian kepada sesama Kristen dan sesama manusia; berusahalah agar selalu menyatakan kebajikan Kristen sepanjang hidupmu”; kira-kira begitulah arahan Allah dalam seluruh Alkitab, ketika kita mempelajari Mazmur, Amsal, para nabi, Khotbah di Bukit, dan bagian etika surat-surat kiriman. “Jauhi kejahatan, lakukanlah kebaikan” (Mzm. 34:14) – inilah jalan raya yang sepanjangnya Alkitab akan membimbing kita, dan nasihatnya akan membuat kita selalu berada di jalan itu. Perhatikan bahwa rujukan ke “dipimpin oleh Roh” (Rm. 8:14) tidak berkait dengan suara batiniah atau pengalaman semacam itu, tetapi ke tindakan mematikan dosa yang diketahui dan tidak menghidupi keinginan daging!

            Hanya dalam batas bimbingan ini Allah mengarahkan kita dalam hati tentang keputusan menyangkut panggilan kita. Jadi jangan berharap Anda akan dibimbing untuk menikahi seorang yang tidak beriman, atau lari dengan seorang yang sudah menikah (1Kor. 7:39; Kel. 20:14). Saya tahu ada kasus-kasus semacam tadi di mana orang mengklaim dirinya mendapat bimbingan ilahi. Memang mungkin ada kecenderungan batin, tetapi dalam kasus tadi jelas itu bukan berasal dari Roh Allah, sebab bertentangan dengan Alkitab. Roh menuntun kita di jalan yang benar (Mzm. 23:3) – bukan di jalan lain.

Apakah Anda merasa ada ketidaksesuaian antara yang dikatakan di atas dengan perintah Allah kepada Hosea (Hos. 3:1)? Apakah Allah pernah meminta kita melakukan hal yang terkesan tidak nyaman atau bahkan salah?

Tuhan, ketika aku tidak pasti tentang jawabanMu, tolong aku  hidup dengan pertanyaanku.

Dari Bapa Surgawi Mengasihimu - oleh Dr James I Packer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar